SpongeBob United To Be Excited

Rabu, 11 Januari 2012



Daun kemangi biasanya dimakan mentah. Dengan dimakan mentah maka kandungan serat dan provitamin A serta mineral kalsium dan fosfor yang cukup tinggi masih bagus. Berbeda jika kemangi sudah dikukus atau dimasak, maka kandungan zat-zat tersebut akan berkurang.
Kemangi sebagai pengganti teh. Di India dan sebagian wilayah Afrika, kemangi diolah menjadi teh yang diminum saat pergantian musim. Daun kemangi dikeringkan dan diracik menjadi menjadi seduhan teh kemangi, yang menggantikan seduhan daun teh asli, tetapi seduhan teh kemangi ini dipercaya dapat mencegah terkena penyakit yang biasa muncul pada musim pancaroba seperti batuk, flu ataupun demam.

Selain itu daun kemangi juga mujarab untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. Kandungan sari daun kemangi juga berkhasiat menyembuhkan rasa sakit batu ginjal, gangguan pada wanita, serta mengatasi albuminaria atau adanya konsentrasi albumin di dalam urin.
Efek. Meski kemangi banyak manfaatnya, sebaiknya Anda tidak berlebihan mengkonsumsi atau makan kemangi. Karena kemangi termasuk dalam keluarga selasih. Kandungan estragol pada kemangi merupakan karsinogen pemicu kanker. Jadi berhati-hatilah.
Karena kemangi sering dimakan mentah, sebaiknya cuci bersih kemangi dengan teknik air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran-kotoran, zat kimia dan telur cacing hama. Jika mencucinya hanya dicelupkan, maka kotorannya saja yang hilang, tetapi zat kimia dan telur cacing hama belum tentu hilang.


By : Retno D'Drrakers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar